Rabu, 11 Desember 2013

CINTA DALAM DIAM (cerpen)



CINTA DALAM DIAM


Seorang gadis berdiri dihadapkan oleh sebuah jendela yang berdebu dan hampir tak bisa tembus pandang oleh Bunga. Dan walaupun bisa dilihat, pandangan bunga tak akan pernah sampai pada jalan raya yang bisa dilihat jika tembus pandang. Pandangan kosong bunga mengingatkan bunga di suatu masa ketika Ayahnya pergi untuk selamanya. Dan terkadang sering hadir pertanyaan-pertanyaan yang ia pun tidak bisa untuk menjawab semua pertanyaan yang hadir dalam benaknya itu.
Kini dia tinggal hanya dengan ibunya yang selalu setia memberikan nasihat dan motovasi sejak bunga berusia 7 tahun. Wanita setengah baya itu menjadi sosok ibu sekaligus menjadikan peran seorang ayah dalam mencari nafkah untuk membiayai bunga sekolah dan membiayai segalanya yang di butuhkan oleh mereka. Sampai pada akhirnya, ibunya bisa membuat sebuah kios sumber penghasilan keluarga tersebut.
Namanya Bunga. Gadis cantik dengan jilbab yang terurai sampai lutut, dan menutupi kening dan sebagian wajahnya. Hanya menyisakan kedua matanya. Gadis berusia 19 tahun ini adalah gadis yang cukup pendiam, supel dan ramah.


Hujan menepati janjinya dengan datang di malam hari ini. Membasahi tanah kering yang berasap saat tersentuh air. Membawa hawa dingin. Menimbulkan dentingan di atap-atap rumah yang di datanginya.

From : Richie
Assalamualaikum
Aku di luar. Bukain pintu dong. Dingin nih.

Tanpa berfikir panjang, Bunga langsung bergegas memakai cadar dan kaos kakinya lalu turun dan membukakan pintu untuk Richie.
Namanya Richie. Laki laki yang sudah dikenalnya satu tahun lalu. Laki laki yang berpenampilan rapih. Hidupnya sangat tertata. Tak ada hari yang sia-sia baginya. Jika waktu luang, hanya buku atau Al-Qur’an yang jadi andalan. Hal itu yang mengusik hati Bunga untuk mengenalnya lebih jauh.
“ Ibumu dimana? “ tanya Richie.
“ udah tidur. Tadi rame banget tokonya. Mungkin capek. “ jawabnya.
Hanya dibalas anggukan kecil.
Uap air yang keluar dari dispenser menyirami kopi bubuk yang berada dalam cangkir. Dan langsung membaur dengan serbuk kopi tersebut.
“ makasih yah. Pengertian banget.“ dengan nada sedikit meledek.
“bisa ajah ngeledeknya. Gak usah nyengir. Jelek tau.“ sedikit cemberut. Walau cemberut tetap saja tak akan terlihat.  
“ galak banget. Lagi PMS yah? “
Tak ada respon.
Bunga selalu ditemani asisten rumah tangganya, karena tak ingin hanya berdua dengan Richie.
Tak banyak yang mereka bicaraan. Hanya sekedar basa basi. Sebenarnya, Bunga kangen. Hanya merasa tak pantas mengatakan hal seperti itu. Karena Bunga tau Richie tak akan menggubris jika sudah menjurus masalah hati dan perasaan.


Televisi itu menyala di ruang gelap. Menghantarkan radiasi lebih kuat dari biasanya. Menayangkan gambar demi gambar dan iklan demi iklan kepada seorang penonton. Satu penonton yang pikirannya sedang berkelana dalam dunianyan sendiri. Setiap gambar dan suara yang keluar dari televisi tak terlintas di kepalanya.
Bunga sangat berharap hanya sekedar diingatkan shalat, makan, atau hal kecil yang sebenarnya tak terlalu penting. Tapi miris, harapan tinggal harapan. Richie sama sekali tak pernah mengirim SMS untuk sekedar mengingatkan semua hal itu. Sampai akhirnya Bunga berfikir untuk menghindar dari Richie.
“ Gimana hubungan kamu sama Richie? Apa masih misterius kaya di FTV? “ tanya Serly temannya.
“ belum. Entah kapan. Atau malah gak akan pernah. “ jawab Bunga.
Ya Allah, jika aku jatuh cinta,
cintakanlah aku pada seseorang yang
melabuhkan cintanya pada-Mu,
agar bertambah kekuatanku untuk mencintaimu
Ya Allah, jika aku jatuh cinta,
jagalah cintaku padanya agar tidak
melebihi cintaku pada-Mu,
Ya Allah, jika aku jatuh hati,
izinkanlah aku menyentuh hati seseorang
yang hatinya tertaut pada-MU,
agar tidak terjatuh aku dalam jurang cinta semu.
Ya Rabbana, jika aku jatuh hati,
jagalah hatiku padanya agar tidak
berpaling dari hati-Mu.
Ya Rabbul Izzati, jika aku rindu,
rindukanlah aku pada seseorang yang
merindui syahid di jalan-Mu.
Ya Allah, jika aku rindu,
jagalah rinduku padanya agar tidak lalai aku
merindukan syurga-Mu.
Ya Allah, jika aku menikmati cinta kekasih-Mu,
janganlah kenikmatan itu melebihi kenikmatan indahnya bermunajat
di sepertiga malam terakhirmu.
Ya Allah, jika aku jatuh hati pada kekasih-Mu,
jangan biarkan aku tertatih dan terjatuh dalam perjalanan panjang
menyeru manusia kepada-Mu.
Ya Allah, jika kau halalkan aku merindui kekasih-mu,
jangan biarkan aku melampaui batas sehinggah melupakan aku
pada cinta hakiki
dan rindu abadi hanya kepada-Mu.
Ya Allah Engkau mengetahui bahwa hati-hati ini telah berhimpun dalam cinta pada-Mu,
telah berjumpa pada taat pada-Mu,
telah bersatu dalam dakwa-Mu,
telah berpadu dalam membela syariat-Mu.
Kukuhkanlah Ya Allah ikatannya.
kekalkanlah cintanya.
Tunjukilah jalan-jalannya.
Penuhilah hati-hati ini
Dengan Nur-Mu yang tiada pernah pudar.
Lapangkanlah dada-dada
kami dengan limpahan keimanan kepada-Mu dan keindahan
bertawakal di jalan-Mu


Sudah 2 tahun hubungan tanpa kejelasan ini berlangsung. Perhatian, sikap bijaksana, sikap mengayomi, melindung selalu ada untuk Bunga dari sosok laki-laki yang selama 2 tahun ini selalu melakukannya tanpa absen sama sekali. Hanya kejelasan yang Bunga tunggu selama ini. Sampai akhirnya pertemuan anatara Richie dan Bunda terjadi. Pertemuan yang hanya mereka berdua, dan sedang membicarakan hal penting. Entah apa Bunga hanya bisa mengntip dari kamar.
Pertemuan berlangsung 2 jam. Bunga berharap Bunda menemuinya untuk memberitahu hal yang dibicarakan. Tapi tak sama sekali terjadi.
03.30 WIB
“ Bunga, bangun nak.” Ajak Bunda
“ apa bun? Tahajud yah.” Sambil bangkit dan mengikat rambutnya.
Suara air yang terdengar sangat jelas karena suasana yang sangat sepi.



From : Bunda
Nanti setelah selesai ngampus, langsung pulang yah.
Ada yang mau ketemu.

“ Assalamualaikum bun. “
“ Waalaikumsalam. “
Bunga tersentak karena yang menjawab salam nya ramai. Ternyata ada Richie bersama keluarganya. Ada pamannya juga.
“ duduk sini nak. Ada yang mau dibicarakan. “ bunda memulai dengan mimik wajah yang serius.
“ Jadi gini Bunga. “ Ibunda Richie memulai pembicaraan.
“ Kami selaku orang tua Richie ingin mengkhitbahmu[1] untuk Richie. Apa kamu bersedia atau tidak?” lanjut Ayah Richie.
“ kalau saya tergantung Bunda saja. Kalau Bunda setuju, Bunga juga setuju.” Jawab Bunga.
“ Bunda sudah setuju nak. Tinggal keputusanmu saja, jika kamu setuju, kita akan menentukan tanggal baiknya. “ lanjut Bunda.
“ Bunga setuju Bun.”
“ Alhamdulillah.” Sahut Ayah Richie.

 

[1]. Khitbah : pinangan atau permintaan seseorang (laki-laki) kepada perempuan tertentu untuk menikahinya.
Ajari aku cinta untuk bersabar..
Untuk menemukan Imam yang benar..
Untuk menjaga segala kemuslimahanmu..
Mengangkat derajat keimananku..
Serta membawaku dalam Indahnya agama Allah..
Ajari aku cinta untuk bertahan..
Pada kebaikan..
Pada keistiqomahan..
Pada Indahnya sendiri tanpa sentuhan haram..
Pada keindahan Cinta yang selalu terpendam..
Ajari aku cinta..
Seperti Para makhluk tuhan yang selalu berdzikir..
Seperti Hamba-hamba Tuhan yang selalu berfikir..
Di jauhkan dari manusia-manisa kafir..
Dan selalu ada dalam kerendahan hati tanpa kikir..
Ajari aku Cinta..
Aku ingin memilikimu karena TuhanMu, Allah..
Aku ingin menjadi pendampingmu karena Ajaran TuhanMu, Allah..
Aku ingin mencintai dan melengkapai kehidupanku juga hanya ada di jalan TuhanMu, Allah..
Demi Cintaku padamu, Karena Allah..
Hanya Karena TuhanMu, Allah..
Jadilah Imamku yang sempurna..
Yang selalu mencari cinta di jalan TuhanMu, Allah..
Untukmu Yang akan menjadi Imamku..


Esok adalah hari sakral yang akan menjadi saksi perlabuan cinta antara Hamba Allah yang telah dewasa dan siap melabuhkan cinta di jalan-Nya. Siap melindungi satu sama lain, menghargai, mencitai, mengasihi, memberi, dan menerima.
Sudah satu minggu ini Bunga menjalani puasanya. Puasa karena Allah yang diharapkan bisa memberi kelancaran pada acara Esok hari. Begitupun Richie. Tak ada hal yang ta penting yang dilakukannya. Kerjanya hanya mengadu pada sang Khaliq. Berharap cintanya adalah cinta yang tepat. Cinta yang tak akan membuatnya menjadi pribadi yang angkuh, pribadi yang sombong atas nikmat Allah.


“ saya terima nikah dan kawinnya Bunga Adella binti H. M. Aliyy Ammaar dengan mas kawin tersebut TUNAI. “ ucap Richie dengan jelas dan lantang. Dari suaranya sangat terlihat bahwa Richie sudah benar-benar siap untuk berumah tangga.
Kata kata yang sudah ditunggu selama bertahun-tahun akhirnya bisa didengar jelas oleh Bunga dan diucapkan di hadapan Bunda yang tak berhenti menggeluarkan air mata bahagia karena putri semata wayangnya, putri kecilnya yang sudah dewasa dan sudah dipersunting oleh laki-laki yang bijaksana, dan baik ibadahnya.
Penempatan tamu yang terpisah antara laki-laki dan perempuan merupakan konsep resepsi pernikahan mereka. Tidak mewah, tidak ada hiburan music. Hanya lantunan ayat-ayat Al-qur’an yang terdengar sepanjang resepsi.
Teman, kerabat, keluarga, sampai tukang bubur langganan Bunga turut hadir dan memberikan doanya untuk kebahagiaan mempelai.
Gelar Ny. M. Richie Setawan kini disandang Bunga. Perasaan haru, bahagia bercampur aduk dalam hatinya. Kebahagiaan yang tak terkira, hal tak pernah dibayangkan, kini terjadi. Atas ijin Allah dan atas restu sang Bunda.
Pada pertangahan acara, Richie membacakan untaian kata karyanya selama ia mengagumi wanita shalehah ini. Mengagumi akhlak dan derajatnnya.
Sesungguhnya yang mendatangkan rasa cinta ini, yang mendatangkan rasa kagum ini, yang memekarkan hati ini adalah dari-Nya. Sungguh aku hanya bisa menerimanya. Aku hanya bisa pasrah tertegun tak bisa mengelak atas perasaan ini padamu.

Tertegun dalam keindahan akhlakmu. Tertegun dalam manisnya lisanmu. Tertegun dalam tenangnya pandanganmu. Dan tertegun pula dalam kesejukan nasehatmu. Semua begitu sempurna, sungguh sempurna. Sesempurna sesuai firman-Nya.

Aku yang mengagumimu dalam diam. Utuh tak tersentuh. Seperti mentari yang menyapa bunga-bunga bermekaran. Tak pernah menyentuh namun cintanya terasa bagi kuntum-kuntum bunga yang sedang bermekaran itu.

Karena aku mengagumi maka izinkan aku tak mengusik khusyunya ibadahmu. Izinkan aku tak mengusik ketenangan hatimu. Tak mengapa aku tak bertegur sapa denganmu. Cukuplah bagiku menyapamu dalam doa-doaku.

Cukuplah bagiku tersenyum lezat melihatmu bahagia. Cukuplah bagiku menyebut namamu dalam hamparan sajadahku.

Aku yang tersentuh akhlak muliamu, aku yang terkagum lekat dalam sikapmu, mencintaimu dalam diam mungkin lebih baik bagi diriku dan dirimu. Lebih mulia bagi perasaanku dan perasanmu. Lebih menjaga kehormatanmu. Lebih menjaga kemuliaanmu. Maka izinkan aku, hai engkau yang begitu mulia, izinkan aku mencintaimu dalamn keikhlasan karena aku tak pernah tau apakah engkau yang tercatat dalam lauful mahfudz[2] untukku?

Karena aku tak pernah tau adakah balasan darimu untukku. Biarlah kuasa Allah yang menggerakan hatimu untukku.

Bukan karena mencintaimu dengan diam aku akan menderita. Bukan karena mengagumimu dengan diam aku akan merana.
Namun, ketika ku artikan cinta itu pada sisi kehadiran dan kebersamaan denganmu. Maka itu lah penderitaan yang sesungguhnya.

Aku yang mencintaimu dari kejauhan. Walaupun sungguh aku merasa sangat dekat denganmu.


[2]. Lauful mahzud : kitab yang terpelihara

Biarlah aku dekap rapat perasaanku ini. Biarlah aku tutup rapat hingga Allah mengizinkan pertemuan kita. Namun jika memang engkau bukan tercatat untukku. Jika memang engkau hanya hiasan duniaku yang sementara, sungguh aku yakin Allah akan menghapus cinta dalam diamku padamu. Allah akan menghilangkan perasaanku untukmu. Dia akan memberikan rasa yang lebih indah pada orang yang paling tepat. Begitulah kuasa-Nya. Begitulah Dzat yang membolak-balika n hati hamba-Nya.

“Ketika aku tak lagi terkagum denganmu, maka pahamilah jejakku.. Karena mungkin, aku pernah menulis tentangmu dan meyapa namamu dalam tiap untaian doaku”


Sesuatu yang berasal dari Allah, yang diniatkan hanya karena Allah, dan tanpa mengurangi cinta kita terhadap Allah, Insya Allah akan direstui Allah dan di Ridhai-Nya.
Usia pernikahan Bunga dan Richie sudah menginjak angka 15th. Sudah dikaruniai anak laki-laki yang diberi nama Achmad Adya Surya yang memiliki arti laki-laki yang memiliki keutamaan Akhlak kini usianya 13th. Dan anak perempuan yang diberi nama Annisa Kasturi Naim yang memiliki arti Anak perempuan penghuni surga yang harum bagai bunga kasturi yang kini berusia 7th. Kebahagian yang tak pernah habis sampai saat ini.  

THE END

Tidak ada komentar:

Posting Komentar